Latest Music :
Home » » Cara Pembuatan Blau Cuci

Cara Pembuatan Blau Cuci

Kamis, 05 April 2012 | 0 komentar

Cara Pembuatan Blau Cuci Bubuk: Serbuk warna biru untuk mencuci atau disebut “Blau Cuci”, mungkin masih banyak yang menggunakan saat mencuci, khususnya untuk pakaian yang berwarna Putih, seperti seragam sekolah atau kemeja kerja. Tapi mungkin ada yang belum tau apa itu Blau Cuci? Kali ini Arie Pinoci coba sedikit membahas tentang Blau Cuci dan bagaimana cara pembuatan Blau Cuci.

Cara Pembuatan Blau Cuci

Blau atau banyak yang nyebut “blao”, serbuk berwarna Biru yang digunakan untuk mencuci pakaian yang khususnya berwarna putih. Biasa’nya untuk seragam sekolah atau kemeja buat kerja. Blau Cuci yang ada dan diproduksi ada 2 jenis: Blau Cuci Kotak dan Blau Cuci Bubuk. Dan yang saya bahas kali ini adalah Blau Cuci Bubuk. Lalu gimana Cara Pembuatan Blau Cuci?

Pembuatan Blau Cuci cukup mudah, karena hanya menggunakan beberapa bahan:
* Biang Blau – 5/7 kg
* Sodium Sulfate (Tepung Soda) - 25 kg
* Tepung Sagu (Aci) – 2 kg

Ke 3 bahan tersebut di campur dengan takaran yang sesuai, di aduk sampai berubah menjadi warna biru semua (kadang perlu saringan untuk menyaring tepung soda yang menggumpal). Setelah tercampur dan menjadi Blau, saatnya membungkus blau tersebut sesuai dengan paket untuk dijual.

Blau Cuci yang diproduksi saat ini kebanyakan yang bubuk, Karena lebih mudah dan tidak menggumpal (tidak perlu menyaring). Berbagai merek Blau Cuci pun beredar dipasaran, mulai dari yang resmi dengan surat ijin ataupun buatan sendiri.

Bersambung .. Ditulis Arie Pinoci : 05 April 2012 (16:39)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. gudang musik Online - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Blogger Template